Shared Berita

Sulbarpos.com , Simalungun — Warga Simalungun boleh berbangga ketika membuka laman google kemarin, kita melihat doodle Danau Toba. Danau Toba sendiri dikelilingi tujuh kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara Salah satunya adalah Kabupaten Simalungun.

Siapa sangka ternyata Danau Toba adalah danau kawah terbesar di dunia dan salah satu danau terdalam di dunia. Pemerintah sendiri juga menetapkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas.

Dalam mendukung hal tersebut Polres Simalungun melalui Sat Pam Obvit Pariwista aktif melaksanakan kegiatan Patroli demi menjaga kenyamanan para wisatawan yang datang berkunjung, Kamis (31/8/2023) kemarin.

Melansir dari buku Asal-Usul Terjadinya Danau Toba yang disusun oleh Badan Pengelola Toba Caldera Unesco Global Geopark, Danau Toba terletak di ketinggian 905 meter di atas permukaan laut yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Danau Toba dikelilingi tujuh kabupaten yakni Toba, Samosir, Simalungun, Karo, Dairi, Humbang Hasundutan, dan Tapanuli Utara.

Berikut ini 10 Fakta Menarik Tentang Danau Toba :
1. Danau Toba merupakan danau terbesar dan terluas di Asia Tenggara. Luasnya mencapai 1.265 km persegi dengan panjang 100 km dan lebar 30 km. Kedalamnya 569 m.

2. Danau Toba juga merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat aktivitas vulkanisme gunung berapi yang disebut dengan Gunung Toba.

3. Kawah Danau Toba memiliki luas yang sangat besar, yang disebut dengan kaldera.

4. Danau Toba terbentuk dari tiga letusan, yang terjadi sekitar 800.000, 500.000, dan 74.000 tahun yang lalu.

5. Kawasan gunung Toba memiliki banyak keunikan fenomena geologis dan menyimpan kekayaan budaya yang bernilai tinggi yang diberikan standar oleh UNESCO.

Baca Juga  Pelepasan Lahan Sport Center Sudah Dilakukan secara Transparan

6. Danau Toba juga terbentuk akibat letusan Gunung Toba sebagai gunung berapi terkuat dalam sejarah.

7. Memiliki Geopark Kaldera Toba meliputi tujuh kabupaten yaitu Tapanuli Utara, Toba Samosir, Simalungun, Karo, Dairi, Humbang Hasundutan, dan Samosir.

8. Terdapat berbagai jenis Flora atau tumbuhan yang tumbuh dan berkembang di sekitar Geopark Kaldera Toba.

9. Di sekitar Danau Toba terdapat puluhan air terjun yang indah dan eksotis, seperti Air Terjun Sipiso-piso, Air Terjun Binangalom, Air Terjun Sampuran Efrata, dan Air Terjun Simarjarunjung.

10. Masyarakat Batak di kawasan Danau Toba memiliki keunikan budaya yang tidak ditemukan di tempat lain, seperti adanya marga, silsilah, dan sistem kekerabatan Dalihan Na Tolu (Somba marhula-hula, elek marboru, manat Mardongan tubu).

Itulah 10 fakta menarik tentang Danau Toba yang jadi Google Doodle hari ini. Semoga informasinya bermanfaat ya Sahabat Polri

(Sulbarpos/Basribas)

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??