Shared Berita

Sulbarpos com, MAMUJU – Sejumlah turnamen yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) mewarnai peringatan hari jadi Sulbar ke 20 tahun. Salah satunya, Event Turnamen Domino Forkopimda Sulbar Cup Celebes-Borneo 2024 yang dibuka langsung Sekretaris Provinsi Sulbar, Muhammad Idris, Sabtu, 21 September 2024.

Turnamen domino yang berlangsung selama dua hari di pelataran gedung merah putih kompleks rumah jabatan Gubernur Sulbar, yakni 21 dan 22 September 2024, diikuti sebanyak 1000 peserta (500 pasangan) dari berbagai daerah, mulai dari Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Sulteng, Sulsel, Jawa Timur (Jatim), serta Sulbar sebagai tuan rumah.

Muhammad Idris mengungkapkan, turnamen domino antar Forkopimda Celebes dan Borneo yang diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan peringatan hari jadi Sulbar ke 20 tahun merupakan kali pertama di provinsi ke 33 di Indonesia ini.

“Isinya adalah kita ada olahraga otak (domino), tetapi poinnya yang kita ingin dapatkan adalah kolaborasi antara Sulbar dengan semua provinsi yang ada dan lebih-lebih dengan Kalimantan Timur atau Borneo yang menjadi ibu kota negara baru,” kata Muhammad Idris.

Sehingga, kata dia, latar belakang penyelenggaraan Turnamen Domino Forkopimda Sulbar Cup Celebes-Borneo 2024, yakni memperkuat kerjasama yang strategis untuk memberikan manfaat besar bagi daerah-daerah sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Sekaligus memastikan, Forkopimda menjadi lokomotif baru untuk mengomandoi ini (upaya penguatan kerjasama strategis antara Celebes dan Borneo), serta memimpin kolaborasi strategis antara Borneo dan Celebes,” ungkapnya.

Lanjut Muhammad Idris menjelaskan, para peserta Turnamen Domino Forkopimda Sulbar Cup Celebes-Borneo 2024 akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp100 juta yang bersumber dari partisipasi berbagi kalangan.

Baca Juga  Kunjungan ke Salletto, Pj Gubernur Sulbar Tegaskan Komitmen Pasok Telur ke IKN

“Semoga dengan kegiatan ini, kita terus berlanjut untuk memastikan Borneo dan Celebes menjadi mitra strategis yang baik. Terimakasih kepada semua partisipan yang diikuti oleh kurang lebih 1000 peserta (500 pasang) dan ini juga menjadi olahraga yang alhamdulilah menyiapkan hadiah yang cukup besar tahun ini untuk kegiatan hari ulang tahun provinsi dengan murni partisipasi dari berbagai kalangan. Ini tidak ada APBD nya, apalagi APBN nya,” tutur Muhammad Idris. (Rls)

Iklan