Shared Berita

Sulbarpos.com – Sebuah video beredar menunjukkan bendera merah putih yang terbalik. Video itu beredar luas di media sosial dan membuat para netizen Indonesia protes.

Insiden bendera Indonesia terbalik itu terjadi di acara pembukaan SEA Games 2023 yang digelar di Stadion Nasional Marodoc, Techo, Phnom Penh, Kamboja, Jumat, 5 Mei 2023.

Insiden bendera Indonesia terbalik itu terjadi dimomen sebelum puncak acara pembukaan SEA Games 2023 dalam sesi nyanyian yang dibawakan oleh penyanyi lokal.

Atas kejadian itu, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) langsung mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC).

“NOC Indonesia secara resmi menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera Indonesia dengan benar pada kegiatan tersebut,” kata Harry dalam surat itu.

Melalui surat keterangan itu, NOC Indonesia menyampaikan agar insiden tersebut segera ditindaklanjuti.

Atas insiden itu, pihak Kamboja meminta maaf kepada Indonesia yang disampaikan langsung melalui Sekjen Komite NOC Indonesia, Harry Warganegara.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” ujar Harry, dalam rilis KOI.

Insiden serupa pernah terjadi pada SEA Games Malaysia 2017. Saat itu bendera Indonesia tercetak terbalik di buku panduan kegiatan dan pemerintah Malaysia juga langsung meminta maaf atas kelalaian tersebut.

(Sulbarpos.com/Red)

Baca Juga  Tiba di Mamuju Bahtiar Baharuddin, Bertugas di Sulbar Bukan Sebatas Menggugurkan Kewajiban

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??