Shared Berita

Sulbarpos.com, Makassar — Bupati Majene Andi A Syukri Tammalele (AST) menghadiri peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII Tahun 2023 di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Sabtu (29/4/2023).

Puncak peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII tersebut ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera dan bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian serta dihadiri oleh pejabat di lingkungan Kementerian Dalam Negeri, Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia.

Terlihat Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Walikota Makassar, Danny Pomanto turut mendampingi Mendagri.

Dalam amanatnya Mendagri menyampaikan bahwa dengan otonomi daerah hendaknya mampu melahirkan pemimpin daerah yang terampil dan inspiratif.

Dalam kesempatan tersebut Mendagri juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan pendapatan asli daerah dan kemampuan fiskalnya.

“Peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat sehingga dapat meningkatkan angka IPM, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektifitas serta akses infrastruktur yang baik”, ujar Tito

Selain itu lanjut, ia mengatakan kepada daerah yang kemampuan PAD dan Fiskalnya baik tetapi IPM nya masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi dan akses infrastruktur belum baik, perlu kiranya melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran,  efektif serta efesien.

“Kita semua pasti mampu menjaga stabilitas harga sehingga tidak terjadi inflasi yang dapat memberatkan rakyat. Kunci utama untuk mencapai itu adalah pada unsur sumber daya manusia, terutama ASN yang berintegritas, profesional dan dapat bekerjasama secara kolaboratif”, kata Tito.

Sementara itu Bupati Majene di lokasi upacara menyampaikan ucapan selamat Hari Otonomi Daerah XXVII tahun 2023, mari kita maknai dan perkuat kembali semangat serta prinsip-prinsip otonomi daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan meningkatkan kemandirian dan daya saing daerah, melalui berbagai inovasi yang kreatif serta pelayanan publik yang semakin baik untuk masyarakat Indonesia yang semakin maju dan Kabupaten Majene yang UNGGUL, MANDIRI dan RELIGIUS.

Baca Juga  41 Peserta Ikuti Seleksi Terbuka JPT Pratama Provinsi Sulawesi Barat
Foto : Bupati Majene menghadiri peringatan hari OTDA ke 27

“Kita Pemerintah Kabupaten Majene siap menindaklanjuti setiap amanat yang disampaikan Mendagri terutama terkait dengan penyusunan APBD yang tepat sasaran, Peningkatan PAD, penanganan stunting, penanganan inflasi serta peningkatan SDM ASN”, ucap AST.

Pada Peringatan Hari Otonomi Daerah kali ini juga diumumkan hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah tahun 2023.

Hasil evaluasi tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri No.100.2.1.3-1109 Tahun 2023 Tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tahun 2022.

Master of Ceremony menyebutkan provinsi dengan kinerja penyelenggara pemerintahan terbaik secara nasional, peringkat pertama yaitu Provinsi Jawa Tengah dibawah kepemimpinan Ganjar Pranowo. 

 

(Sulbarpos.com/Red)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??