Shared Berita

Sulbarpos.com, Mamuju – Masih dalam rangkaian acara lanjutan kesiapan penyelenggaraan Pilkada 2024 yang digagas oleh Kementrian Politik, hukum dan keamanan (Menko Polhukam) Indonesia di Hotel Claro Makassar.

Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar bersama forkopimda dan seluruh pejabat utamanya yang dilibatkan kali ini terlihat mengikuti kegiatan forum koordinasi sentra gakkumdu sebagai upaya untuk mengawal Pilkada Jurdil di Wilayah Sulawesi, Maluku dan Kalimantan, Kamis (27/6/2024).

Seperti yang diketahui kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 dengan memperkuat tingkat Koordinasi Sentra Gakkumdu Provinsi dan Kabupaten/Kota Se Pulau Sulawesi, Maluku dan Kalimantan dalam melaksanakan penegakkan hukum tindak pidana pada rangkain tahapan Pilkada 2024 nantinya.

Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar melalui Bid Humas menyampaikan kegiatan yang ia ikuti merupakan upaya untuk memperkuat sinergitas sekaligus menyamakan persepsi bertindak dalam mengawal dan mewujudkan Pilkada yang Jurdil di tiga wilayah utama yaitu Sulawesi, Maluku dan Kalimantan, tutur Kapolda.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Kapolda kita juga mendapatkan materi dan wejangan penting dari orang-orang yang handal di bidangnya salah satunya Kemenko Polhukam sendiri yaitu Marsekal TNI Purn. Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto untuk mewujudkan Pilkada serentak 2024 yang Jurdil.

Dalam materi yang disampaikan dijelaskan bahwa Integritas proses dan hasil Pilkada akan terwujud apabila tidak ada penyimpangan, pelanggaran, intimidasi, manipulasi, dan kesalahan dalam pelaksanaan semua tahapan penyelenggaraan Pilkada.

Yang terpenting dalam mewujudkan Pilkada yang Jurdil selain memperbanyak Literasi pendidikan politik, juga sangat diperlukan partisipasi masyarakat yang seluas-luasnya untuk menjaga Pilkada yang berintegritas dan berkualitas.

Menurut beliau partisipasi masyarakat sangatlah penting karena akan mempermudah tugas Bawaslu dan Aparat Penagak Hukum Kepolisian dan Kejaksaan untuk mengatasi berbagai pelanggaran khususnya Pratik politik uang.

Baca Juga  Silaturrahmi Bersama Bupati dan OPD Pemkab Mamuju, Pj Bahtiar Siap Bangun Sinergi

Sementara itu, Kapolda Sulbar sama seperti semangat sebelumnya siap berkomitmen penuh memberikan dukungan untuk melakukan penagakan hukum tindak pidana Pilkada yang berintegritas.

Menjelang Pilkada 2024, lanjut Kapolda pihaknya juga telah menyusun rencana kerja dan memetakan lokasi-lokasi rawan dan melakukan koordinasi yang berjenjang dengan berbagai pihak untuk memaksimalkan peran Sentra Gakkumdu dalam penegakan hukum pada perhelatan demokrasi nantinya.

“Memasuki musim Pilkada, sudah menjadi alaram bagi Kepolisian khususnya di Polda Sulbar untuk terus bekerja secara professional dengan kinerja yang dapat dipertanggung jawabkan” tutup Kapolda.

 

(Sulbarpos.com/Adv)

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??