Shared Berita

Sulbarpos.com , Jakarta — Kementerian Agama akan melakukan sidang isbat 1 Syawal 1444 H pada hari Kamis, 20 April 2023 mendatang di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama.

Sidang Isbat nantinya akan dilakukan secara tertutup yang diikuti oleh Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama

“Sebagaimana biasa, Sidang Isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadan. Tahun ini, bertepatan dengan 20 April 2023,” ungkap Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama, Kamaruddin Amin yang dikutip dari kemenag.go.id , Selasa (18/4/2023).

Berdasarkan data hisab, pada hari Kamis, 29 Ramadan 1444H / 20 April 2023 M, posisi hilal saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk dengan ketinggian antara 0° 45′ (0 derajat 45 menit) sampai 2° 21,6′ (2 derajat 21,6 menit) dengan sudut elongasi antara 1° 28,2′ (1 derajat 28,2 menit) sampai dengan 3° 5,4′ (3 derajat 5,4 menit).

Ia juga mengatakan, Kementerian agama akan melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di berbagai provinsi. Kementerian Agama akan menurunkan tim ke 123 titik lokasi di seluruh Indonesia. Mereka akan melaporkan, apakah pada hari itu hilal terlihat ataukah tidak.

“Hasil hisab dan rukyatul hilal ini akan dibahas dalam sidang isbat untuk kemudian ditetapkan kapan jatuhnya 1 Syawal. Jadi kapan Hari Raya Idulfitri, kita masih akan menunggu keputusan sidang isbat”, ujar Kamaruddin.

“Hasil sidang isbat akan diumumkan secara terbuka melalui konferensi pers,” kata dia

123 Titik pemantauan Hilal oleh Kementerian Agama dilakukan pada Kamis mendatang dan untuk Provinsi Sulawesi Barat sendiri, pemantauan akan dilakukan di SeTanjung Mercusuar Sumare, Simboro Kabupaten Mamuju.

Baca Juga  Persiapan Pelantikan Fungsional Formasi 2021, Bidang Pengembangan ASN BKD Sulbar Lakukan Rapat Interna

(Sulbarpos/Indah)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??