Shared Berita

Sulbarpos.com, Majene — Sulawesi Barat (Sulbar) merupakan daerah yang berhasil mekar dari provinsi Sulawesi Selatan. Dan saat ini, Sulawesi Barat mampu berdiri sendiri di tanah Sulawesi.

Namun perlu diketahui, bahwa tak semua masyarakat Sulbar hidup bergelimang harta. Dikatakan bahwa ada beberapa daerah di Sulbar yang memiliki tingkat kemiskinan yang cukup tinggi.

Daerah mana sajakah itu ? Dikutip dari sulbar.bps.go.id . Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis Data yang disajikan BPS yang menunjukkan bahwa ada 3 daerah termiskin di Sulawesi Barat. Juara utama sebagai daerah termiskin di Sulbar adalah Kabupaten Polewali Mandar. Kemudian untuk daerah termiskin kedua adalah Kabupaten Majene dan yang ketiga dipegang oleh Kabupaten Mamasa.

Berikut daftar daerah paling miskin di provinsi Sulawesi Barat:

1. Kabupaten Polewali Mandar: 15,68 persen

2. Kabupaten Majene: 14,34 persen

3. Kabupaten Mamasa: 13,77 persen

4. Kabupaten Mamuju: 7,64 persen

5. Kabupaten Mamuju Tengah: 7,13 persen

6. Kabupaten Pasangkayu: 4,77 persen

Data tersebut diatas merupakan sajian dari BPS pada tahun 2022. Besar kemungkinan data tersebut telah berubah menjadi lebih tinggi ataupun rendah. Pada tahun 2022 seluruh kabupaten Sulawesi Barat mengalami kenaikan persentase penduduk miskin.

Kenaikan persentase penduduk miskin terbesar terjadi di Kabupaten Majene yaitu sebesar 0,61% poin sedangkan Kabupaten dengan kenaikan persentase penduduk miskin terendah adalah Kabupaten Pasangkayu 0,29% poin.

Kenaikan persentase penduduk di Kabupaten Polewali mandar sebesar 0,42% poin, Kabupaten Mamasa naik 0,39% point , Kabupaten Mamuju naik 0,54% poin dan Kabupaten Mamuju tengah naik 0,34% poin.

Selama periode 2017 hingga 2022. Tahun 2022 merupakan tahun di mana terjadi kenaikan persentase penduduk miskin terbesar di semua Kabupaten.

Baca Juga  Membawa Tuntutan, Solidaritas Mahasiswa Mamasa Gelar Aksi Demonstrasi

(sulbarpos/rizal)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??