Shared Berita

sulbarpos.com, POLMAN – Nelayan pesisir pantai Tonyamang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar (Polman) menggelar tradisi Mettama Bara, 05/01/2023.

Tradisi ini tiap tahun rutin dilakukan oleh nelayan pesisir tonyamang ketika memasuki musim angin barat, dengan melarung sesajen dalam bentuk miniatur kapal.
Prosesi ini sebagai simbol bentuk kesyukuran nelayan Kepada Yang Maha Kuasa.

Baca Juga  Komisi II DPRD Provinsi Sulawesi Barat Gelar Rapat Kerja Monitoring dan Evaluasi Program APBD Tahun Anggaran 2024

Kegiatan Mettama bara ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar Andi Masri Masdar.

“Ini sudah menjadi kebiasaan tahunan nelayan sebagai simbol rasa syukur Kepada Tuhan dan keselamatan nelayan dilaut” jelas Andi Masri.

Ia berharap semoga apa yang menjadi harapan masyarakat nelayan yang dituangkan lewat tradisi tersebut dapat terwujud. (Rizal)

Baca Juga  Salurkan Bantuan Korban Bencana Alam di Kabupaten Mamasa, Yakub F Solon : Selalu Waspada Karena Bencana Alam Tidak Bisa di Prediksi 

 

Related Posts

sulbarpos.com, MAJENE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majene menggelar upacara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Read more

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??