Shared Berita

Sulbarpos.com, Mamuju – Kepala Dinas Perkebunan Sulawesi Barat (Sulbar) Herdin Ismail menghadiri Penanaman Pohon di Pulau Karampuang, Mamuju, Rabu (12/3/2024).

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Penanaman Pohon dipimpin langsung Pj. Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin. Hadir Kapolda Sulbar, Danrem 142 Tatag, Kabinda, para Kepala OPD, Pejabat Utama Polda Sulbar, TNI, Camat Mamuju, Pj. Kades Karampuang, serta berbagai pihak terkait. Adapun bibit pohon yang ditanam yaitu Sukun, Kelapa dan Kemiri.

Pulau Karampuang dipilih sebagai salah satu lokasi penanaman pohon, selain sebagai salah satu spot wisata karena potensinya sebagai salah satu kawasan konservasi alam yang membutuhkan upaya restorasi ekosistem. Dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, bergotong-royong menanam pohon yang khas untuk ekosistem lokal.

Kadis Perkebunan Sulbar, Herdin Ismail menekankan pentingnya keterlibatan aktif semua pihak dalam menjaga kelestarian alam, terutama dalam menghadapi tantangan perubahan iklim yang semakin nyata.

“Kegiatan ini bukan hanya sekadar penanaman pohon, tapi juga bentuk komitmen kita untuk menjaga bumi sebagai rumah bersama,” ujar Herdin.

“Penanaman Bibit Sukun, Kelapa dan Kemiri di Pulau Karampuang ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik dalam upaya pelestarian alam di Sulbar. Dengan adanya dukungan dan partisipasi aktif dari berbagai pihak, diharapkan lingkungan hidup dapat terjaga dengan baik untuk generasi mendatang,”ucapnya.

Ia menambahkan, dengan kerja sama yang erat antara Dinas Lingkungan Hidup Sulbar, Dinas Perkebunan Sulbar, Dinas Kehutanan Sulbar, dan berbagai pihak terkait lainnya, juga diharapkan upaya pelestarian alam di Pulau Karampuang dapat menjadi contoh bagi wilayah lainnya di Indonesia.

Baca Juga  Peringatan Hari Al-Quds Internasional, Massa Aksi Teriakkan Kemerdekaan Palestina

“Keberlanjutan ekosistem dan kelestarian alam bukanlah tanggung jawab satu pihak saja, namun merupakan tugas bersama untuk kita semua,” pungkasnya.

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??