Shared Berita

Sulbarpos.com , Polewali — Pencocokan data pemilih di Kelurahan Takatidung Kecamatan Polewali yakni sebanyak 19 TPS sudah mencapai 90% pertanggal 28 Februari 2023.

Ketua PPS Kelurahan Takatidung, Hasnawaty mengatakan dari 90% data yang sudah rampung di lapangan tersisa 10% lagi yang akan dikunjungi ulang.

“Pada saat petugas pantarlih mendatangi rumah yang dituju kosong, kadang cuma anaknya yang dirumah dan sebagainya. Jadi dalam sisa waktu kurang lebih 2 minggu”.

“Kedepan sampai batas pencoklitan tanggal 14 maret 2023 kami akan maksimalkan. Olehnya itu setiap harinya kami selalu melakukan monitoring, dan data patarli yang masuk hari ketiga dan keempat itu kita rata ratakan berkisar 20% per Tps”, jelas Hasnawaty di Polewali, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga  Tingkatkan Layanan Kesehatan, Dinkes Gelar UKOM Jabatan Fungsional

Sementara itu, Panitia pengawas pemilu kelurahan takatidung (PKD) , Ismail mengatakan, “Bahwa anggota panwaslu kelurahan bersipat ad hoc artinya PKD sebagai penyelenggara pemilu yang langsung bersentuhan dengan peserta dan penyelenggara pemilu yang bekerja di tingkat bawah, artinya kami PKD adalah garda terdepan dalam pengawasan pemilu, karena itu kami dituntut bekerja secara profesional”, kata Ismail.

Sesuai amanat undang – undang nomor 7 tahun 2017 pasal 108 tentang pemilihan umum, panwas kelurahan/desa melakukan pengawasan, pelaksanaan, tahapan penyelenggaraan pemilu, mencegah terjadinya praktik politik uang, mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang ikut serta dalam kegiatan kampanye, melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan perundang undangan.

Baca Juga  Klarifikasi Unit Layanan PLN Wonomulyo Terkait Keluhan Pelanggan Di Sosmed

“Kewenangan kami sebagai PKD menerima dan menyampaikan laporan mengenai dugaan pelanggaran terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai pemilu kepada panwas kecamatan”, tegas Ismail.

Selanjutnya, Lurah Takatidung Kecamatan Polewali A.Muh. Amin mengatakan, “Jauh hari sebelum pelantikan pantarli dan PPS. mereka intens berkoordinasi mengenai persiapan sekertariat dan fasilitas lainnya dalam mendukung kerja. Selaku pemerintah, kami harus ikut berkontribusi dalam menyukseskan pemilu 2024 mendatang agar dapat terselenggara dengan baik”, pungkasnya.

(Sulbarpos/basribas)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??