Shared Berita

Sulbarpos.Com, Mamuju – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1446 Hijriah, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Sulawesi Barat didampingi pejabat Administrator dan Ketua Tim Kerja, bersama dengan dokter hewan dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) melakukan inspeksi terhadap hewan kurban yang akan disembelih di Halaman Kantor. (Rabu, 19/06/2024)

Inspeksi ini bertujuan untuk memastikan kesehatan hewan kurban yang akan disembelih dan layak untuk dikonsumsi masyarakat. Plt. Kakanwil Kemenag Sulbar, H. Syamsul, mengatakan bahwa inspeksi ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keamanan masyarakat dalam mengonsumsi daging kurban.

“Hewan kurban harus dipastikan kesehatannya sebelum disembelih. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan DTPHP untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban,” kata H. Syamsul.

Dalam inspeksi ini, tim dari Kemenag dan DTPHP memeriksa kondisi fisik hewan kurban, seperti mata, hidung, mulut, bulu, dan kaki. Dokter hewan dari DTPHP, drh. Muhammad Syukur menjelaskan bahwa hewan kurban yang sehat memiliki ciri-ciri seperti aktif bergerak, nafsu makan yang baik, mata cerah, dan bulu yang bersih. Hewan kurban yang sehat juga tidak menunjukkan gejala penyakit seperti batuk, pilek, atau diare.

Selain itu, H. Syamsul berharap dengan dilakukannya inspeksi hewan kurban ini, masyarakat dapat mengomsumsi daging kurban dengan aman dan nyaman. “Kami ingin memastikan bahwa masyarakat Sulbar dapat menikmati daging kurban yang aman dan sehat,” ujarnya.

(sulbarpos.Com/wahid)

Baca Juga  PW IWO Sambangi Sekprov Sulbar

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??