Shared Berita

Sulbarpos.com, Mamuju — Atlet dayung Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Sulawesi Barat (Sulbar) berhasil meraih 2 medali emas untuk nomor Canoeing di Kejuaraaan Nasional (Kejurnas) dayung 2024 yang dipusatkan di Teluk Mamuju, Sulbar.

Dua medali emas yang diraih sekaligus mengunci posisi Sulbar di peringkat kelima dari 20 PPLP/D dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) se Indonesia.

Peringkat pertama diraih oleh PPLPD Jawa Barat (Jabar) dengan mengoleksi 3 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Di posisi kedua, yakni PPLP Sumatera Selatan (Sumsel) yang berhasil meraih 3 medali emas dan 1 perak.

Di peringkat ketiga, yaitu PPLP Provinsi Jambi yang berhasil meraih 2 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu

Selanjutnya di posisi keempat, PPLP Riau berhasil menyabet 2 emas dan 2 perak

Lalu, PPLP Sulbar berada di posisi kelima dengan meraih 2 medali emas.

Sementara di posisi keenam, PPLP Kalimantan Tengah (Kalteng) berhasil meraih 1 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu

Di peringat ketujuh, PPOP DKI Jakarta berhasil mengunci 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Untuk peringkat kedelapan, PPLP Maluku berhasil meraih 1 medali emas dan 1 perak.

Beberapa PPLP/D dan SKO di sejumlah Provinsi belum berhasil meraih medali sama sekali. Seperti PPLPD Jawa Tengah (Jateng), PPLPD Kalimantan Selatan (Kalsel), PPLP Sulteng dan SKOI Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulbar, Safaruddin Sanusi DM menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih oleh para atlet dayung Sulbar.

“Posisi kelima ini tidak mudah. Kita bahkan mengalahkan 14 Provinsi lainnya di Indonesia. Ini tidaklah mudah. Banyak Provinsi yang pulang tidak membawa medali,” kata Safaruddin Sanusi.

Apalagi, kata dia, Sulbar hanya mengikuti 7 kelas pertandingan dengan jumlah 8 atlet. Kelas yang diikuti juga hanya Canoeing. Sulbar tidak memiliki atlet untuk kelas rowing.

Baca Juga  Juarai Piala Yasser Arafat 2023, Pemain Palestina Angkat Trofi Pakai Jersey Timnas Indonesia

“Meski atlet kita sedikit, dan hanya ikut kelas canoeing, tapi kita sudah bersyukur dapat meraih 2 medali emas dan beehasil peringkat kelima secara umum. Khusus kelas canoeing kita sebenarnya peringkat ketiga,” jelasnya.

Safaruddin menyampaikan apresiasi kepada seluruh atlet, pelatih dan orang tua para atlet atas semangat dan kerja kerasnya selama laga berlangsung.

“Dan prestasi yang diraih ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para atlet dan pemerintah daerah untuk terus mendukung perkembangan olahraga dayung di Sulbar,” harap mantan Sekretaris DPRD Sulbar itu.

 

(Sulbarpos.com/Adv)

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??