Shared Berita

Sulbarpos.com , Majene — Sejumlah pemuda dan mahasiswa yang tergabung dari komunitas jejak pustaka dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Polewali mandar ( IPM Polman Cabang Majene) , menggelar lapak baca di taman Stadion Prasamya Majene, Sabtu (18/3/2023).

Lapak baca ini disebut juga sebagai perpustakaan jalanan. Lapak baca digelar mulai pukul 13.00 – 17.00 WITA setiap hari sabtu, di berbagai tempat, Kabupaten Mejene.

Ketua IPM Polman Cabang Majene, M. Ikram mengatakan, bahwa hal tersebut adalah langkah dasar untuk kembali membentuk peradaban bangsa Indonesia yang saat ini mulai tergerus dengan arus modernisasi.

“Dengan buku dan ilmu pengetahuan merupakan modal paling dasar untuk membawa bangsa ini menuju masa depan yang lebih baik”, ujar M.Ikram di Majene (18/3/2023)

Ketua jejak pustaka Majene, Irwan juga mengatakan , “Jejak Pustaka majene berdiri pada tahun 2023, lebih tepatnya bulan februari, kami biasa ngelapak hari Sabtu siang dan malam Jumat kami melakukan yasinan kadang selang seling yasinan dan diskusi internal jejak pustaka”, ucap Ketua jejak pustaka Majene, Irwan.

Sekretaris Jejak Pustaka Majene yang juga seorang mahasiswa di salah satu kampus Universitas Sulawesi barat, Rasnida mengungkapkan,” Bahwa lapak baca bertujuan untuk meningkatkan kembali budaya membaca yang saat ini mulai tergerus dengan arus modernisasi”, ungkap Rasnida.

“Semoga dengan adanya lapak baca ini mampu mengedukasi masyarakat terkait pentingnya membaca dan dapat membuat masyarakat sadar bahwa ketika kita membaca kita dapat memahami apa itu dunia sebenarnya dan kemungkinan besar kita tidak bisa dibodoh-bodohi oleh orang pintar,” sambung Irwan.

Lebih lanjut, kegiatan ini juga dipandang positif bagi masyarakat, salah satunya afdal seorang pendiri jejak pustaka majene. Dikatakannya, bahwa lapak baca yang didirikan pada tahun 2023 ini dapat meningkatkan literasi untuk membaca, khususnya anak SMP SMA dan Pemuda

Baca Juga  Pelaku Curanmor Lintas Provinsi Berhasil Diamankan Sat. Reskrim Polres Majene

“kegiatan ini positif, apalagi tentang lapak baca kan yang sekarang pun anak SMP SMA dan Pemuda kurang minat membaca buku. Ya semoga dengan adanya lapak baca ini tingkat literasi makin meningkat,” kata Pendiri jejak pustaka, Afdal.

(Sulbarpos/Irwan)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??