Shared Berita

Sulbarpos.comKesehatan– Saat masih kecil di kampung dulu, Desa Kalobba- Sinjai, setiap kali kami (anak-anak kecil) sakit, maka yang tertuduh adalah makhluk-makhluk aneh khas kampung seperti PARAKANG (hantu), POPPO (hantu yang terbang), CAMBEU (hantu anak-anak), dan BANGGAO (hantu yang bertubuh tinggi).

Agar hantu-hantu tersebut tidak mendekati kami, maka kami diharuskan untuk meminum air yang sudah direbus dengan campuran kayu seppang atau kayu secang.

Kami pun mengikuti saran para tetua dan orang tua kami. Saya, bahkan hingga sekarang, terus mengomsumsi air rebusan kayu seppang. Saya pun sadar berbagai jenis hantu yang saya sebutkan di atas, sesungguhnya adalah jenis-jenis penyakit yang bisa mengjangkiti kita.

Boleh jadi, kebiasaan meminum air seppang dari kecil hingga sekarang, membuat saya (atas izin Tuhan Yang Maha Kuasa) selalu sehat wal’afiat. Parakang dalam berbagai jenis, maksudnya segala penyakit pun menjauh.

Berikut beberapa manfaat mengomsumsi AIR REBUSAN KAYU SEPPANG:

– Meningkatkan imunitas tubuh
– Dipercaya mengobati kanker dan tumor
– Menurunkan kadar gula darah
– Mengobati penyakit asam urat
– Pembersih darah
– Dan lain-lain.

Kayu SEPPANG (Bugis) dalam Bahasa Latin disebut BIANCAEA SAPPAN. Di Pulau Jawa umumnya disebut kayu SECANG.

Untuk info lain tentang kayu seppang dan filosopinya, silahkan baca catatan saya sebelumnya berjudul KAYU SEPPANG DAN BEPPA BUSEPPANG. Diunggah Sabtu, 28 Januari 2023.

Tabek!

Dul Abdul Rahman. Petani, penulis, dan pengajar. Sejauh ini sudah menulis 20 buku sastra & budaya.

(red)

Baca Juga  Pandangan Mahasiswa STAIN Majene Tentang Stunting

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??