Shared Berita

Sulbarpos.com, Majene – Anggota Komis IX DPR-RI Dapil Sulawesi Barat (SulBar) Dra, Hj. Andi Ruskati Ali Baal bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyelenggarakan Sosialisasi Program Peningkatan Kualitas Kesehatan Lingkungan untuk warga Pamboang, Kabupaten Majene, SulBar, Sabtu (5/8/2023).

Dalam sambutannya Andi Ruskati. mengajak seluruh lapisan masyarakat melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dengan perbanyak konsumsi sayur dan buah, tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kesehatan lingkungan, menjaga sanitasi air.

Foto antusias masyarakat ikuti sosialisasi STBM 5 Pilar

Saat ini Indonesia mengalami persoalan gizi serius serta cakupan dan mutu imunisasi yang belum maksimal itu dibuktikan dengan angka stunting yang masih tinggi.

Stunting merupakan gambaran terjadinya gangguan pertumbuhan fisik, otak, kecerdasan, dan metabolisme tubuh. Sedangkan anak yang tidak mendapat imunisasi dasar lengkap, berisiko menderita kecacatan hingga kematian. Oleh karenanya membutuhkan penanganan serius dengan melibatkan berbagai pihak lintas sektor.

“Sulbar saat ini tertinggi kedua angka stunting di Indonesia setelah NTT, hanya beda koma saja” sebutnya.

Andi Ruskati menambahkan untuk mengatasi persoalan itu salah satunya dengan membudayakan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan cegah pernikahan dini.

Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majene, dr Rakhmat Malik, Rombongan Kementerian Kesehatan Direktorat Penyehatan Lingkungan Ditjen P2P, Camat Pamboang, Albar Mustar, Kepala Puskesmas Pamboang, Muh Taslim Manna, serta warga masyarakat setempat.

(Sulbarpos.com/Red)

Baca Juga  Penyanggah Ibu Kota Negara (IKN) Bupati Majene Akan Canangkan Tanam Ubi Kayu di Malunda

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??