Shared Berita

Sulbarpos.com, Malunda — Warga Kelurahan Malunda, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulbar, mengadakan pesta rakyat sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.

Kegiatan itu berlangsung meriah dan penuh hikmat, ratusan warga ikut dalam pesta adat tahunan itu, Minggu (28/5/2023).

Ket Foto : Warga saat pesta panen

Ketua Adat (Pua Kali Malunda) Muslimin Nuhung, S.Ag ditemui saat acara mengatakan kegiatan ini adalah bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang melimpah.

Ia berharap acara adat ini dapat mengangkat kearifan lokal yang ada di malunda

Seperti diketahui bahwa pesta panen adat Malunda merupakan tradisi turun temurun warga Malunda. Selain itu, acara pesta panen ini adalah upaya menjaga tradisi leluhur yang sudah ada sejak dahulu.

Di acara adat ini juga warga menyembelih seekor kambing sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang melimpah, warga yang datang juga bisa makan sepuasnya.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa berkumpul dan bersatu menjaga tradisi adat ini. Kami sangat bersyukur karena hasil pertanian cukup memuaskan, sehingga hari ini diadakan pesta syukuran pesta panen,” ucap Muslimin.

“Dalam acara ini kami juga memanjatkan doa agar kampung kami dijaga dari bala, Kami juga berharap hasil pertanian bisa terus meningkat” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Moh Rizal berharap kedepannya, acara adat tahunan ini bisa masuk kalender Pemerintah Daerah Kabupaten Majene.

“Kami ingin mendorong acara pesta panen malunda ini dapat masuk di agenda tahunan Pemda Kabupaten Majene” tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forpincam Kecamatan Malunda, Kepala BPP Kec. Malunda, Lurah Malunda dan para kepala lingkungan yang ada di kelurahan Malunda.

Baca Juga  Hendra Wahid Kader Potensial HMI Sulbar Layak Pimpin BADKO Sulselbar 

Dari pantuan dilapangan kegiatan pesta panen yang berlangsung disamping Mesjid Sementara Nurul Huda Banua, lingkungan Galung, Malunda ini selesai dengan keadaan aman, dan tertib.

(Sulbarpos.com/Red)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??