Shared Berita

Sulbarpos.com, Mamuju — Pembukaan Pra PON Cabang olahraga Sepak Takraw 2023 untuk wilayah IV Indonesia Timur di Gedung Olahraga Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (13/10/2023).

Pra PON ini merupakan babak kualifikasi yang sangat penting dilakukan dalam rangkaian tahapan pelaksanaan sebelum menuju PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) 2024 mendatang.

Untuk Cabor takraw sendiri, dibagi ke dalam empat wilayah, yakni wilayah 1 di Riau, wilayah 2 di DKI Jakarta, wilayah 3 Jawa tengah, serta wilayah 4 di Sulawesi Barat.

Khusus di Sulbar, peserta Pra PON Cabor takraw seharusnya diikuti 10 kontingen, yakni Sulsel, Sulbar, Sulteng, Gorontalo, Sulut, Sultra, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Hanya saja, dua kontingen provinsi yang absen, yakni Maluku dan Maluku Utara. Sehingga, hanya ada 8 kontingen yang bakal berebut tiket menuju PON XXI Aceh dan Sumut 2024 mendatang.

Sekjen PB PSTI Herman Andi meminta, agar seluruh kontingen mulai dari manajer, pelatih, hingga atlet bersama-sama menjaga kualitas kompetisi. Demi kemajuan olahraga di Indonesia, khususnya sepak takraw.

“Kami dari PB PSTI berharap kepada semua kontingen manager dan pelatih, mari sama-sama jaga kualitas kompetisi ini. Memang prestasi itu sangat penting bagi kita,” terang Herman.

Sementara itu Pj Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan, Sulbar memiliki dua kesuksesan dengan digelarnya Pra PON Cabor takraw di Kabupaten Mamuju, Sulbar sukses sebagai penyelenggara dan sukses di bidang prestasi.

“Dengan kegiatan Pra PON ini, kita memiliki dua kesuksesan. Pertama, kita sukses untuk penyelenggaraan. Jadi, semua atlet yang hadir, kurang lebih 250 atlet dan official itu puas. Yang kedua, sukses prestasi. Saya harapkan, atlet-atlet Sulbar bertanding maksimal dan lolos ke PON 2024 di Sumut dan Aceh,” tutur Zudan.

Baca Juga  Release Akhir Tahun, Kapolda Sulbar Paparkan Delapan Pokok Bahasan

Penyelenggaraan Pra PON Cabor takraw 2023 ini merupakan kali pertama Sulbar menjadi tuan rumah. Zudan pun mengaku, bakal mendorong Cabor lainnya menggelar event di Sulbar ke depannya.

“Pokoknya maju terus, saya dukung. Kalau mau adakan kegiatan disini, saya dukung penuh. Meningkatkan ekonomi masyarakat, banyakin eventnya,” kata dia.

(Sulbarpos/Red)

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??