Shared Berita

Sulbarpos.com, Yogyakarta – Sinergi antara pusat dan daerah dalam transformasi kesehatan menjadi kunci sukses keberhasilan program kesehatan nasional. Terdapat tiga poin penting dalam sinergi ini, yaitu strategi, implementasi, dan kontinuitas. Ketiga poin sinergi ini merupakan langkah penting untuk memajukan Indonesia sehat menuju Indonesia Emas 2045.

Poin sinergi antara pusat dan daerah meliputi:

– Strategi: Pemerintah pusat menyediakan anggaran untuk pelaksanaan transformasi sesuai kewenangan pusat dan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk mendukung peran pemerintah daerah.

– Implementasi: Sinergi di daerah melibatkan peran swasta dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

– Kontinuitas: Keberlanjutan program yang terkoordinasi antara pusat dan daerah memastikan program kesehatan berjalan lancar dan berkesinambungan.

Bukti nyata dari sinergi ini terlihat dalam acara Forum Nusantara Farmasi dan Alat Kesehatan (FORNUSFA) Tahun 2024, yang diselenggarakan selama empat hari, dimulai dari tanggal 03 hingga 06 Juni 2024 di Provinsi Yogyakarta.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Dinas Kesehatan Kabupaten se-Sulbar, serta RSUD se-Sulbar.

Acara FORNUSFA 2024 bertujuan untuk memperkuat komitmen kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan akses, kemandirian, dan mutu sediaan farmasi dan alat kesehatan demi mewujudkan Indonesia Emas 2045 di sektor kefarmasian dan alat kesehatan.

Kementerian Kesehatan RI melalui Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan mengundang 18 Dinas Kesehatan se-Indonesia untuk menerima penghargaan dengan kategori berbeda.

Salah satu penghargaan yang diberikan adalah kategori Belanja Obat Produk Dalam Negeri Terbesar Tahun 2023, yang diraih oleh Dinas Kesehatan Sulbar sebagai juara tingkat pertama. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Kesehatan RI yang diwakili oleh Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, L. Rizka Andalusia.

Baca Juga  Abdul Mu'ti Soroti Generasi Millenial Saat Ini Tampak Mudah Menerima LGBT

Menanggapi capaian itu, Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, Asran Masdy, saat dikonfirmasi Jumat, (7/6/2024), mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan dan sangat bangga atas pencapaian yang diraih.

Asran Masdy berharap, sinergi antara program Kementerian Kesehatan dan program yang ada di Pemerintah Provinsi Sulbar, khususnya Dinas Kesehatan, terus terjaga demi keberhasilan program kesehatan nasional.

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??