Shared Berita

Sulbarpos.com, Polewali — Rektor Universitas Asyariah Mandar Chuduriah Sahabuddin bersama Plt.Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Polman Aco Musaddad HM menghadiri Pendampingan pembuatan kerajinan tangan di Sarampu yang pesertanya Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) melalui Program Marching Fund Rumah Kreatif yang ditempatkan di Desa Papandangan Kecamatan Anreapi, Senin (10/7/2023) kemarin.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka keberlanjutan pendampingan potensi desa Pappandangan, yakni pembuatan cenderamata. Rotan yang melimpah di desa Pappandangan didesain sebagai cenderamata berbasis kearifan lokal seperti kipas, parcel, tempat Pencil, dan wadah serbaguna dengan bahan dasar Rotan.

Dosen Pelaksana, Malik mengungkapkan metode yang dilakukan dalam kegiatan tersebut berupa Aktivitas pembuatan cinderamata.

“Aktivitas tersebut dilaksanakan dengan sistem TOT Training Of Trainer yaitu melibatkan pelatih dalam melatih pelatih baru yang tidak berpengalaman dengan suatu keterampilan baru sehingga pokdarwis kedepannya akan menjadi Pelatih ahli untuk masyarakat desa pappandangan,” ungkap Malik.

Menurutnya, pendampingan pembuatan cinderamata tersebut merupakan sebuah ide kolaborasi oleh Dinas Pemuda, Olahraga Polewali Mandar, dosen tim pelaksana dan dibantu oleh mahasiswa dan tujuan pendampingan yakni sebagai bentuk Penguatan SDM Pokdarwis yang akan berdampak pada peningkatan Ekonomi desa.

Sementara itu, Rektor Unasman Chuduriah Sahabuddin dalam arahannya mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari tindak lanjut dari Program unasman membangun desa yg mana lebih pada penguatan SDM desa pappandangam.

“Melalui Program Macthing Fund 2023, kami berharap melalui pendampingan ini betul-betul bisa berkelanjutan dan di kembangkan sehingga kerajinan tersebut bisa di ekspor ke luar negeri”, kata Rektor Unasman itu.

Kegiatan TOT tersebut berlangsung seharian penuh bersama kelompok sadar wisata dengan suasana yang penuh dengan keakraban.

Baca Juga  Ibu Hamil Ditandu 13 Kilometer Karena Jalan Rusak, Warga Lenggo Harap Pemerintah Segera Bertindak

(Sulbarpos/Arruan B )

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??