Shared Berita

Sulbarpos.com , Polewali — SMP 4 Campalagian Yangtergabung dalam Acara Pembentukan PIK.R Remaja Tipalayo, acara diawali dengan pengenalan PIK.R oleh Narasumber dan juga Penyulu KB dari BKKBN mensosialisasikan Prokram Genre dan Salam PIK.R, Senin (5/6/2023) kemarin.

Remaja dan Pelajar Desa Gattungan hadir untuk membentuk pusat informasi konseling remaja atau yang biasa disingkat dengan PIK.R . Selain para peserta yang merupakan Siwa sekolah SMP 4 Campalagian acara Pembentukan PIK.R juga mengudang kepala Desa beserta perangkat Desa Gattungan.

Sebagai Narasumber pelaksana kegiatan yang menghadirkan pemateri dari Penyulu KB Kecamatan Tutur (Sapriadi) dan Penyulu KB Kecamatan Campalagian (Fitri).

Penyuluh KB Desa Gattungan, Munira menjelaskan Permasalahan remaja merupakan permasalahan yang sangat kompleks mulai dari jumlahnya yang cukup besar hingga permasalahan seputar kesehatan reproduksi remaja.

“Istilah TRIAD KRR (3 permasalahan reproduksi remaja) yaitu masalah pertama seksualitas, seperti berpacaran dan melakukan seks bebas. pada usia dini, hamil di luar nikah, aborsi. Kedua masalah penggunaan obat-obatan terlarang (NAPZA). Dan ketiga adalah menderita HIV/AIDS”, ujar Munira.

Lebih lanjut Munira mengatakan, dalam rangka merespon permasalahan remaja, BKKBN mengembangkan Program GenRe. Program GenRe adalah Program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana berkarir dalam pekerjaan secara terencana serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan teproduksi.

Sementara itu Kepala Desa Gattungan Nayamuddin berharap, implementasi dari Pembentukan dan Pemilihan duta GenRe ini, dapat melahirkan pendidik dan konselor sebaya yang handal yaitu mampu memberikan informasi, konseling dan pelayanan tentang permasalahan remaja dengan cara yang benar.

Baca Juga  Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Merekomendasikan Pembatalan Pemberhentian Sekretaris Daerah Kabupaten Polewali Mandar

“Pemilihan tersebut diharapkan akan mendorong setiap anggota PIK Remaja untuk berusaha meningkatkan kualitas dan kapasitasnya. Duta GenRe terpilih diharapkan bisa membantu program KKBPK dalam menyosialisasikan kesehatan reproduksi remaja dan pencegahan pernikahan dini, demi generasi muda Gattungan yang lebih baik ke depan”, harapnya.

Pada akhirnya pengurus yang telah terbentuk, memberi nama PIK-R dan sekaligus membuat yel-yel sebagai penyemangat. Nama PIK-R yang telah terbentuk tersebut yaitu “TIPALAYO”.

 

 

(Sulbarpos/Wahid)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??