Shared Berita

sulbarpos.com , Majene — Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi beserta rombongannya tiba di Dusun Galung Pa’ara , Dusun Pamboborang Kecamatan Banggae Kabupaten Majene pada pukul 12.30 WITA untuk lakukan peninjauan lokasi Panen Bawang dan Food Estate sekaligus menyerahkan Bantuan serta Dialog bersama Petani, Selasa (31/1/2023).

Dalam sambutannya Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi mengatakan, “Dalam beberapa tahun terakhir kita diperhadapkan dengan kondisi perekonomian yang sangat sulit akibat dampak pandemi Covid-19. Dengan luasnya lahan pengembangan bawang merah di Kab. Majene diharapkan dapat menjadi produk unggulan dan dapat mendorong peningkatan perekonomian daerah,” ujarnya di Majene, Selasa (31/1/2023).

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa program yang menyangkut dengan pengembangan Pertanian akan selalu terbuka bagi pemerintah daerah. Produk Pertanian merupakan penyumbang 12 persen dari penghasilan APBN. Artinya Indonesia memiliki potensi yang besar terhadap Pertanian.

Baca Juga  Safari Ramadhan di Malunda, Wakil Bupati Majene Serahkan Bantuan

“Dengan adanya program Pertanian yang diberikan pemerintah kepada para kelompok tani diharapkan dapat dipergunakan sebaik mungkin serta dapat mendorong peningkatan perekonomian daerah,” tambah Wamentan RI

Kemudian Bupati Majene, Andi Achmad Syukri turut hadir juga mengatakan,
“Dengan hadirnya Wamen Pertanian di Kab. Majene diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk kemakmuran para petani di Kab. Majene.”

“Adapun potensi lahan pertanian di Kab. Majene yaitu, lahan pertanian sawah seluas 1.629 hektare, lahan pertanian bukan sawah diantaranya (Kebun 12.213 hektare, Ladang 7.719 hektare, dan perkebunan 15.772 hektare), dan pengembangan holtikultura khusus bawang merah dan cabai berada dikisaran 2.500 hektar (bawang merah seluas 1.000 hektare dan cabai 1.500 hektare),” kata Andi Achmad Syukri.

Menurutnya, kawasan tersebut di ikhtiarkan untuk dijadikan lahan kawasan pengembangan food estate penyangga kebutuhan pangan IKN. Luas lahan pengembangan bawang merah di Kab. Majene, yakni, Dusun Galung Paara, Desa Pamboboran, Kec. Banggae luas keseluruhan 144 hektare dan baru digarap sekitar 50 hektare, di lingkungan Salabulo 172 hektare, puawang 125 hektare, sondong 110 hektare, dan Kec. Pamboang 100 hektare.

Baca Juga  KPU Majene melantik 40 anggota PPK pada pemilu serentak 2024

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sarana yang diserahkan secara simbolis oleh Wamen Pertanian RI kepada Para kelompok Tani yakni antara lain, benih tanaman, vaksin rabies, penyerahan prasarana dan sarana jalan usaha tani kegiatan penataan sarana pertanian sebanyak 12 unit dan bantuan pinjam pakai cultivator.

Dalam Kegiatan tersebut turut hadir Wakil Bupati Majene Aris Munandar , Sekertaris Daerah Kab. Majene Ardiansyah, Kapolres Majene AKBP Toni Sugadri, Kajari Majene Benny Siswanto, Kasdim 1401/Majene, Mayor Inf. Buhari , Para kepala
Pemerintah Kab.Majene dan para kelompok tani.

(sulbarpos/TIM)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??