Shared Berita

Sulbarpos.com, Polewali Mandar — Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (SulBar), menggelar pelatihan perbaikan dan perawatan mesin Katinting kepada masyarakat nelayan yang berada di pesisir Kabupaten Polman.

Pada pelatihan tersebut Dinas Kelautan dan Perikanan menghadirkan Pemateri Dosen dari fakultas teknik Universitas Negeri Makassar (UNM), Rabu (9/8/2023).

Pelatihan perbaikan dan perawatan mesin katinting itu berlangsung 9 s/d 10 Agustus 2023 yang melibatkan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dengan menghadirkan nelayan kategori miskin (ekstrim) dari Kecamatan campalagian, Balanipa dan Kecamatan Tinambung.

Baca Juga  Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi di Polman Lakukan Aksi Desak Keadilan dan Kepastian Hukum 

Ketua panitia program pengelolaan perikanan tangkap, Arifuddin Muswel menjelaskan, dengan pelatihan ini diharapkan nelayan memiliki kemampuan dan keterampilan teknis serta perawatan mesin dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan tersebut sampai dengan mendapatkan pengakuan atas keterampilannya dengan sebuah sertifikat.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Polman, Muhammad Akbar mengatakan Pelatihan Perawatan Mesin Katinting adalah program Bidang Pengelolaan Perikanan tangkap, yang nantinya dilaksanakan di dua tempat yaitu kecamatan Campalagian dan Kecamatan Binuang dengan tetap menghadirkan pemateri dari UNM Fakultas Teknik Mesin.

Baca Juga  DKP Sulbar Gandeng BPN Kabupaten Polman Dorong Program Sertifikasi Hak Atas Tanah

“Bentuk kegiatan Pelatihan yang dilaksanakan merupakan kegiatan klasikal berupa teori dan praktek yang singkat dan dilakukan pre test dan post test bagi peserta pelatihan perawatan dan perbaikan mesin katinting” ujarnya.

Disebutkannya pelatihan ini agar para nelayan dapat mengetahui dan mempunyai keterampilan bagaimana cara merawat komponen mesin, mencari tahu penyebab kerusakan yang terjadi pada mesin serta dapat memperbaikinya.

Baca Juga  Di Mamuju Ada Harta Karun Yang Menjadi Incaran Dunia

“Semoga dengan pemberian pelatihan keterampilan ini masyarakat nelayan dapat meningkatkan produksi dan produktifitas serta pendapatan nelayan untuk menuju nelayan yang sejahtera” tutupnya.

 

 

(Sulbarpos/Basribas)

Iklan

Open chat
Hello 👋
ada yang bisa kami bantu ??